"Bangsawan Laut"...siapakah itu?

Guys, tahukah kamu kalau di laut ternyata ada golongan bangsawan / kaum ningratnya juga. Bahkan darah-nya benar-benar biru (mirip dengan frase-frase selama ini yang menyebutkan bahwa bangsawan identik dengan darah biru). Tahukan kamu binatang apakah itu??
---CUMI-CUMI--
ya, cumi-cumi adalah salah satu hewan yang masuk ke dalam kelas cephalopoda dan memiliki tiga jantung serta darah yang mengalir di tubuhnya berwarna biru. Begitu hebatnya "Bangsawan Laut" ini secara morfologi. Bahkan menurut penelitian dari ilmuwan AS, si cumi ini memiliki kemampuan mendengar juga walaupun masih bisa dikatakan primitif. Ahli biologi Massachusetts menyatakan cumi-cumi ternyata bisa mendengar, meski sangat primitif.
Studi yang diterbitkan di Journal of Experimental Biology ini juga menunjukkan, cumi-cumi mendeteksi suara melalui sel rambut yang melapisi dua organ kantung di dekat pangkal otak cumi-cumi. Di dalam kantung itu terdapat butiran kecil kalsium karbonat yang disebut statolith. Ini menghasilkan sinyal elektrik ke otak cumi.
Frekuensi itu sedikit berbeda dengan kemampuan mendengar manusia yang perubahannya bergantung pada gelombang suara. Manusia hanya mampu mendeteksi frekuensi dari 20 Hz hingga 20 ribu Hz.
Di sisi lain, cumi-cumi hanya mampu mendengarkan frekuensi hingga 500 Hz yang memudahkan mereka menjauh dari predator utama yaitu paus bergigi dan lumba-lumba.

Keren kan bangsawan laut kita kali ini?mungkin tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa cumi-cumi termasuk golongan ningrat..:P
Atau mungkin hobi mengkonsumsi cumi sebagai seafood?tenang, status cumi-cumi masih hijau kok, a.k.a melimpah di alam, tapi guys, pertimbangkan lagi kalau mau mengkonsumsi cumi-cumi yang ditangkap dengan menggunakan Trawl. Kenapa?karena alat tangkap ini tidak ramah lingkungan.

Jadilah konsumen yang cerdas..

salam


Komentar

  1. Mas tofa, sebagai penggemar seafood, saya nggak bisa bedakan mana seafood yang ditangkap pake trawl, dan mana yang enggak...
    Apakah panjenengan punya referensi untuk ini?
    Tengkiuu :)

    BalasHapus
  2. Apresiasi saya buat Mba Dudu sebagai penggemar seafood yang peduli bagaimana memilih seafood yang baik,
    Ciri khas spesifik ikan yang ditangkap menggunakan trawl sejauh yang saya tau tidak ada a.k.a sama saja, hal ini berbeda dengan alat tangkap berbahaya lain semacam bom/sianida yang relatif akan lebih terlihat cari ciri khas ikannya.
    Kebetulan saya ingin memposting beberapa ciri khas ikan hasil tangkapan bom/sianida di edisi berikut, saya sedang mengumpulkan data-datanya, mohon ditunggu.
    terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IOTC Mengadopsi Proposal Pengelolaan Rumpon Apung

Kantong Plastik oh Kantong Plastik..

Badan Hiu Dicampakkan Begitu Saja setelah Siripnya Dipotong