Overfishing di Laut Jawa diwakili Oleh Data dari PPN Pekalongan

Overfishing alias penangkapan berlebihan yang menyebabkan menurunnya stok ikan di alam dapat dilihat pada tabel 1. Data tersebut adalah statistik hasil tangkapan ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan yang diperoleh pada saat WWF-Marine mengadakan Media Trip 1 dengan tema “Krisis Perikanan Global dan Nasional” (9-12 Februari 2011). Kapal yang bersandar di pelabuhan ini didominasi daerah operasi di sekitar laut jawa.

Berbicara mengenai Pekalongan, beberapa tahun lalu kota pelabuhan ini merupakan sentra dari hasil tangkapan laut di Pulau Jawa. Ratusan kapal singgah di Pelabuhan ini setiap harinya dengan membawa hasil tangkapan yang berlimpah. Pada saat itu Pemerintah berencana membangun Pekalongan sebagai kota minapolitan karena fenomena tersebut, bahkan cetak biru Pekalongan sebagai kota minapolitan terpampang jelas di salah satu gedung yang terdapat di Wisata Bahari Pekalongan. Namun melihat kondisi sekarang ini, hal tersebut seperti menjadi impian yang jauh panggang dari api. Jumlah tangkapan ikan yang terdapat pada data tersebut menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun. Inilah indikasi yang menguatkan bahwa laut Jawa mengalami overfishing.

Overfishing seperti menjadi fenomena yang membalikkan anggapan bahwa stok ikan dari alam di Laut Jawa tidak akan habis. Walaupun pada tahun 2004 sempat mengalami kenaikan namun hal tersebut juga diimbangi dengan jumlah armada tangkap yang semakin banyak. Jumlah ikan di alam ditangkap dengan jumlah armada yang semakin banyak. Sepertinya terdapat hubungan yang jelas antara meningkatnya jumlah armada penangkap ikan dengan menurunnya stok ikan di alam. Selain itu, jenis armada penangkap ikan yang di dominasi dengan alat tangkap Purse Seine dari tahun ke tahun semakin menurun jumlahnya. Hal ini memperkuat statement bahwa di Laut Jawa telah mengalami overfishing, mungkin hal serupa juga dialami oleh daerah lain di Indonesia.(toffa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IOTC Mengadopsi Proposal Pengelolaan Rumpon Apung

Kantong Plastik oh Kantong Plastik..

Badan Hiu Dicampakkan Begitu Saja setelah Siripnya Dipotong